Selasa, 01 Februari 2011

Pertumbuhan dan Perkembangan

      Pada hewan dan tumbuhan,pertumbuhan ditandai dengan pertambahan tinggi atau besar. Jadi ,dapat dikatakan bahwa pertumbuhan merupakan proses pertambahnya ukuran mahkluk hidup yang sifatnya tidak kebali lagi .Contoh yang lebih jelas , coba perhatikan diri kamu sejak saat kecil dulu hingga sekarang duduk di bangku sekolah . Terdapat perubahan , bukan ? Tubuhmu semakin besar dan tinggi.

    Bagaimana mahkluk hidup dapat tumbuh ? Pada makluk hidup yang hanya terdiri atas satu sel, pertumbuihan ditunjukan oleh bertambahnya besarnya sel tersebut .Pada makhluk hidup yang tersusun oleh banyak sel , pertumbuhan disebabkan oleh pertambahan jumlah dan ukuran sel-sel penyusun makluk hidup tersebut.Penambahan tinggi tumbuhan dan penambahan tinggi suatu hewan merupakan bukti-bukti bahwa tumbuhan atau hewan tersebut tumbuh.

    Mahkluk hidup tak hanya tumbuh, mahkluk hidup juga mengalami perkembangan . Jika kamu menanam biji tanaman , biji tersebut akan menjadi kecambah . Selanjutnya bukan pertambahan ukuran kecambah saja yang terjadi namun juga perkembangan ke arah bentuk dewasa tanaman tersebut . Miasalnya, biji yang kamu tanam adalah biji kacang merah, maka setelah kecambah yang terjadi bukan hanya pertambahan ukuran kecambah kacang merah saja . Seiring dengan waktu kecambah akan tumbuh membesar membentuk akar, daun,cabang,dan menghasilkan bunga .

    Dari penjelasan tersebut dapat di simpulkan perkembangan merupakan proses perubahan mahkluk hidup dengan pembentukan organ-organ yang mengarah pada kedewasaan. Pada beberapa mahkluk hidup, terutama mahkluk hidup yang mengalami metamorfosis ( proses perubahan bentuk selama pertumbuhan mahkluk hidup hingga mencapai bentukdewasa ) perkembangan yang terjadi dapat diamati dengan cukup jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar