Selasa, 01 Februari 2011

Tahapan Perkembangan Manusia

   Seiring waktu, pertumbuhannya, bukan hanya ukuran tubuh saja yang menjadi lebih besar namun hal-hal lain juga terjadi semakin matang. Tidak seperti pada makhluk hidup lainya, pada manusia perkembangan bukan hanya menyangkut masalah kemampuan berkembang biak namun juga banyak aspek lainya, misalnya kemampuan dan kemampuan emosional.

   Perkembangan pada manusia terjadi melalui suatu proses. Proses pembentukan manusia diawali dengan proses pembuahan. Yaitu pertemuan antara sel telur yang berasal dari perempuan ( ibu ) dengan sel sperma yang berasal dari pria ( ayah )
   Inti sel sperma akan melebur dengan inti sel telur dan terbentuk sebuah sel baru yang disebut zigot. Zigot ini akan membelah diri menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, 16 sel, 32 sel, dan seterusnya. Zigot yang telah membelah menjadi banyak sel tadi akan berkembang menjadi embrio, kemudian menjadi janin dalam rahim ibu. Lamanya waktu janin tumbuh dan berkembang didalam rahim ibu, dari mulai proses pembuatan hingga kelahiran adalah kurang lebih 9 bulan.

   Perkembangan janin selama di dalam rahim dibagi dalam tiga tahapan. Lamanya waktu pada setiap tahapan adalah tiga bulan.

1. Trimester Pertama

   Pada tiga bulan pertama embrio berkembang menjadi janin yang panjangnya kurang lebih 5,5cm. Janin sudah berbentuk seperti manusia walaupun ukuran kepalanya sangat besar. Di akhir tiga bulan pertama ini janin juga sudah mulai dapat menggerakkan tangan dan kakinya.



2. Trimester Kedua

   Pada tiga bulan kedua, janin sudah semakin berkembang dan panjangnya sudah mencapai kura lebih 19cm. Tangan dan kakinya telah berkembang, muka tumbuh memanjang. Pada tiga bulan kedua ini detak jantung janin juga sudah mulai bisa dideteksi. Gerakan janin juga mulai aktif

3. Trimester Ketiga

   Di tiga bulan terjadi pertumbuhan ukuran janin sangat cepat. Ukuran tubuh sudah proporsional seperti bayi. Karena ukuran tubuhnya semakin besar, janin tidak terlalu leluasa bergerak didalam rahim. Menjelang kelahiran bayi pada umumnya sudah mencapai panjang sekitar 50 cm. Berikutnya janin akan lahir ke dunia dan di sebutlah dengan sebutan bayi.

1 komentar:

  1. tolong materinya dilengkapi dengan gambar manusia dimulai dari bayi-anak-anak,remaja, dewasa dan tua trima kasih

    BalasHapus